Mahasiswa KKN UIN Walisongo Kelompok 61 Ajak Warga Kembangkan Produk Lokal

KENDAL- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN RDR) angkatan 77 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Kelompok 61 menggelar pelatihan pengolahan produk lokal di Desa Dempelrejo, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal. Pelatihan tersebut yakni mengolah singkong menjadi cemilan kekinian yakni Roll Tape. Minggu, (24/10/2021).

Koordinator KKN Kelompok 61, Muhammad Bayu Aji mengungkapkan bahwa kelompoknya mengadakan pelatihan tersebut dikarenakan di Desa Dempelrejo terdapat banyak warga yang  menanam singkong, namun hanya dimanfaatkan untuk diolah menjadi jajanan tradisional yang mainstream. Untuk itu kelompok  KKN-nya berinisiatif mengajak warga mengolah singkong menjadi Roll tape.

“Setelah kami melakukan observasi dan mengetahui bahwa banyak pohon singkong di  desa tersebut, kami kepikiran untuk membuat suatu inovasi makanan kekinian yang berbahan dasar singkong, jadilah Roll Tape tersebut,” katanya.

Selain untuk menambah skill masyarakat dalam mengolah singkong, masyarakat juga dikenalkan untuk mempromosikan hasilnya secara elektronik melalui Whatsapp dan Instagram. Dengan begitu dapat  meningkatkan penjualan.

Sunarsih, salah satu peserta pelatihan, mengatakan sangat senang mengikuti pelatihan tersebut.

“Saya sangat senang mengikuti pelatihan ini, selain memberikan inovasi dalam memanfaatkan olahan singkong menjadi produk unggulan, dan bernilai jual. Dengan begitu, produk ini nantinya dapat menjadi produk unggulan dari ibu-ibu desa Dempelrejo,” ujarnya.

 

 

UIN Walisongo Semarang | Journal Walisongo | Library Walisongo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UIN Walisongo Semarang